YAYASAN EKOWISATA CIKAL

PENDAHULUAN

Di belahan bumi Lampung tercinta ini, ternyata masih banyak daerah potensial yang belum tersentuh, diantaranya ada sebuah tempat yang begitu indah, kaya dengan hasil bumi dan hasil lautnya. Di daerah ini keindahan panorama alam yang begitu serasi antara keindahan alam laut dan alam pegunungan Bukit Barisan begitu memikat hati.

Diperairan lautnya kita masih dapat menemukan keaneka ragaman Flora dan Fauna, biota laut seperti ; Terumbu Karang, Ikan-ikan Hias yang indah, Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate) dan ratusan bahkan ribuan Lumba-lumba yang terdiri dari 2 species yaitu Lumba-lumba Paruh Panjang (Stenella Longiroustris) dan Lumba-lumba Hidung Botol (Tursiops Truncattus).

Didaratannya, tanahnya begitu luar biasa suburnya selain itu juga terdapat beberapa tempat yang merupakan habitat asli bagi populasi satwa-satwa seperti Siamang (symphalangus syndactylus), Simpai (Presbythis Melalops), Beruang Madu (helarctos malayanus) dan lain lain. Itulah gambaran tentang  Teluk Kiluan.

Kesemuanya inilah yang harus kita jaga dan lestarikan bersama untuk di wariskan kepada anak cucu kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia tercinta.

Untuk mewujudkan semua ini mari kita bersama-sama membangun masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat yang sehat, cerdas, berpendidikan serta berwawasan luas.

Begitu banyaknya cikal bakal generasi penerus bangsa yang kurang mendapatkan perhatian dari kita semua. Sedangkan mereka terbentur oleh masalah dana, sarana dan prasarana, sudah menjadi kewajiban bagi kita yang telah dapat memberikan perhatian tersebut untuk membantu, baik berupa sumbang saran, moril, maupun materil demi terciptanya generasi penerus bangsa yang handal dan trengginas.

Sebagai umat manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita diwajibkan untuk tolong-menolong dan mencintai sesama, menjaga dan melestarikan alam semesta yang dititipkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita.

Bersama–sama dengan YAYASAN EKOWISATA CIKAL mari kita menyatukan Visi dan Misi dalam mengemban rasa bertanggung jawab secara bersama-sama demi mewujudkan rasa cinta kepada alam dan cinta pada sesama.

Tentang Kami :

YAYASAN EKOWISATA CIKAL adalah sebuah perkumpulan bagi mereka yang merasa terpanggil untuk mewujudkan visi dan misi sebagaimana termaksud, tanpa memandang agama, ras, suku dan golongan. Yayasan ini menitikberatkan tujuannya pada konservasi alam dan pengembangan usaha pariwisata berkelanjutan yang berbasiskan pada komunitas setempat, menyelenggarakan pelayanan sosial, pelayanan di bidang pendidikan, pelayanan dibidang hukum dan pelayanan di bidang kesehatan.

Yayasan kami menawarkan program pelaksanaan berbagai kegiatan di bidang riset dan penelitian, pendidikan dan latihan, sosialisasi dan advokasi, serta penyelenggaraan paket-paket ekowisata lainnya.

Manfaat Mengikuti Ekowisata :

  • - Mendekatkan diri kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta.
  • - Mempertebal rasa cinta kepada tanah air.
  • - Berinteraksi dengan lingkungan yang alami.
  • - Bersosialisasi dengan penduduk setempat.
  • - Membangun rasa percaya diri setiap individu.
  • - Memperkuat “team work”.
  • - Mempererat tali persahabatan.

Tujuan, Visi, Misi, Rencana Kerja dan Harapan

Perkumpulan ini memiliki Pusat Kegiatan di Teluk Kiluan Pekon Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Berdirinya YAYASAN EKOWISATA CIKAL dan dipilihnya tempat ini sebagai pusat kegiatan ekowisata adalah demi tercapainya tujuan-tujuan sebagai berikut :

  1. Pelestarian lingkungan di sekitar Pusat Kegiatan YAYASAN EKOWISATA CIKAL yang sudah sangat mendesak sekali untuk dilaksanakan demi menjaga kekayaan alam, kelestarian alam, keberadaan dan kelangsungan hidup satwa-satwa langka yang masih dapat ditemukan di tempat ini.
  2. Mencegah dan menjaga agar tidak terulang kembali kasus penangkapan dan penyelundupan penyu hijau (Chelonia Mydas) yang pernah terjadi di tempat ini, karena ini merupakan tindakan yang sangat merugikan bagi kekayaan alam kita.
  3. Menjaga dan melindungi ribuan Lumba-lumba yang tediri dari dua species yaitu Stenella Longiroustris dan Tursiops Truncattus yang menjadi penunjang kelangsungan hidup para nelayan setempat / Pemancing ikan tuna (populasi lumba-lumba kini sangat terancam).
  4. Memberdayakan masyarakat setempat agar menjadi Sumber Daya Manusia yang handal serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan (alam dan budaya) serta kelangsungan hidup kita bersama.
  5. Menanggulangi dan mencegah bahaya banjir, tanah longsor akibat erosi dan gundulnya hutan yang dapat mengancam kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup masyarakat setempat melalui kegiatan konservasi yang menjadi salah satu agenda kegiatan ekowisata.
  6. Mengembangkan dan melestarikan Biota Laut seperti : Terumbu Karang, Jamur Laut dan lain-lain, disekitar perairan Teluk Kiluan.
  7. Mengembangkan dan melestarikan budaya setempat melalui kegiatan ekowisata.
  8. Memasyarakatkan gerakan pengembangan kegiatan ekowisata.
  9. Menyelenggarakan kegiatan Ekowisata (Ecotourism) yang memenuhi prinsip-prinsip persyaratan

Visi dan Misi

YAYASAN EKOWISATA CIKAL mempunyai visi sebagai berikut :

  1. Terlindungnya kelestarian alam (darat dan laut) dari kegiatan-kegiatan merugikan dan merusak yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
  2. Terciptanya kesadaran di tengah masyarakat agar peduli terhadap pelestarian lingkungan (alam dan budaya) disekitar mereka (masyarakat disekitar lokasi ekowisata).
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan kepada cikal bakal generasi penerus bangsa agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungannya.
  4. Terwujudnya kelestarian lingkungan (alam dan budaya) melalui pengembangan Pariwisata berkelanjutan dengan menyelenggarakan kegiatan Ekowisata (Ecotourism)
  5. Terlaksananya pemberdayaan sumber daya manusia dan peningkatan taraf hidup / perekonomian masyarakat setempat melalui kegiatan Ekowisata (Ecotourism).
  6. Terpilihnya Propinsi Lampung umumnya dan Kabupaten Tanggamus khususnya sebagai salah satu daerah tujuan Ekowisata (Ecotourism) di Indonesia.

Untuk mencapai visi tersebut YAYASAN EKOWISATA CIKAL mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan rasa cinta manusia terhadap lingkungan (alam dan budaya) melalui kegiatan Ekowisata (Ecotourism).
  2. Menjalin kerjasama kemitraan dengan Pemerintah Daerah, Instansi-instansi atau Lembaga-lembaga yang terkait (NGO) di dalam mengembangkan kegiatan Ekowisata (Ecotourism) di Teluk Kiluan Kel. Negeri Kelumbayan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus.
  3. Membantu dan melayani masyarakat melalui program-program YAYASAN EKOWISATA CIKAL tanpa memandang latar belakang atau asal usulnya, agama, ras, suku dan golongan.
  4. Menghasilkan cikal bakal generasi penerus bangsa sebagai sumber daya manusia yang handal dan berkwalitas.

Rencana Jangka Pendek

  1. Menyiapkan sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan YAYASAN EKOWISATA CIKAL di Desa Bandung Jaya Teluk Kiluan Kel. Negeri Kelumbayan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus.
  2. Berupaya mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Propinsi Lampung dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus  dalam menyelenggarakan pengembangan kegiatan Ekowisata di Teluk Kiluan
  3. Menghimpun dana.
  4. Menghimbau kepada Pihak Pemerintah Daerah, SAT POL AIR (Polda Lampung) dan Korps TNI Angkatan Laut Lampung, untuk melindungi daerah Teluk Kiluan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan cara-cara ilegal (bom ikan, pukat harimau, pemburuan lumba-lumba dan lain-lain).
  5. Mensosialisasikan program-program kegiatan YAYASAN EKOWISATA CIKAL kepada masyarakat.
  6. Menjalankan program-program kegiatan YAYASAN EKOWISATA CIKAL secepatnya.

Rencana Jangka Panjang

  1. Melanjutkan dan menyelesaikan program-program YAYASAN EKOWISATA CIKAL yang telah dijalankan.
  2. Membuka lokasi Ekowisata lumba-lumba  (insitu).
  3. Mengembangkan program rehabilitasi terumbu karang yang dapat menjadikan Propinsi Lampung memiliki lokasi wisata taman bawah laut (seperti di desa Pemuteran, Pulau Derawan, Bunaken, dan lain-lain)
  4. Mengembangkan program-program baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat berdasarkan visi, misi dan tujuan dari berdirinya YAYASAN EKOWISATA CIKAL.
  5. Mengembangkan program-program kegiatan YAYASAN EKOWISATA CIKAL di daerah-daerah lainnya (Kab. Lampung Selatan, Kab. Lampung Barat dan lain-lain).

Harapan

Pesatnya perkembangan daerah dan berlakunya otonomi daerah membuka kesempatan yang sangat besar bagi Pemerintah Daerah / Kabupaten untuk mengelola dan mengembangkan potensi ekonomi dan sumber daya alam yang ada guna meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah)

Kegiatan Ekowisata yang sedang menjadi trend dunia dan diminati oleh banyak wisatawan, merupakan peluang besar bagi Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pendapatan dari sektor wisata serta penyerapan tenaga kerja, khususnya masyarakat lokal.

Ekowisata berbeda dengan kegiatan pariwisata lainnya. Ekowisata mempunyai karakteristik yang spesifik karena adanya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan (alam dan budaya) serta pemberian manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal.

Dan setiap kegiatan Ekowisata harus mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan yang berkelanjutan seperti :

  • - Berbasis pada wisata alam
  • - Menekankan pada kegiatan konservasi
  • - Mengacu pada pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.
  • - Berkaitan dengan kegiatan pengembangan pendidikan
  • - Mengakomodasikan budaya lokal
  • - Memberi manfaat pada ekonomi lokal

Peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat dan keterlibatan mereka di dalam mengelola kegiatan Ekowisata diharapkan dapat berpengaruh pada keperdulian mereka terhadap kelestarian lingkungan (alam dan budaya) disekitar lokasi Ekowisata.

Besar harapan dari YAYASAN EKOWISATA CIKAL agar Propinsi Lampung dapat menjadi salah satu daerah penyelenggara kegiatan Ekowisata, untuk dapat bersaing dengan Propinsi-Propinsi lainnya di Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, seperti di desa Pemuteran, Buleleng Bali, dengan ekowisata terumbu karang dan atraksi wisata lumba-lumba, juga di Pulau Derawan Kalimantan Timur dengan ekowisata penyu hijau.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut di atas sebagai sebuah perkumpulan yang baru terbentuk kami sangat mengharapkan kerjasama dari pihak-pihak terkait dan juga bantuan-bantuan dari para Donatur.

Bantuan dana akan digunakan untuk mencukupi biaya operasional di dalam menjalankan dan mengembangkan program-program kami.

Bagi para donatur atau mereka yang ingin membantu dan melayani sesamanya dapat berpartisipasi menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut di atas dengan bergabung bersama kami dalam kunjungan-kunjungan yang kami adakan secara periodik.

YAYASAN EKOWISATA CIKAL diharapkan berkembang menjadi sebuah perkumpulan yang mandiri. Agar tidak bergantung pada donatur, untuk itu kami  membuka usaha di bidang pariwisata (Ecotourism / Ekowisata) bersama sama dengan masyarakat setempat.

 

- Ekowisata / Ecotourism (Wisata Alam/Adventure tourism)

YAYASAN EKOWISATA CIKAL merencanakan untuk menyelenggarakan kegiatan Ekowisata dengan membuka usaha yaitu sebuah tempat Wisata Alam yang bernuansa petualangan (Adventure), secara bermitra / bekerjasama dengan pihak pengembang atau investor yang berminat. Rencana ini timbul karena kondisi lingkungan (alam dan budaya) disekitar lokasi Pusat Kegiatan YAYASAN EKOWISATA CIKAL sangat mendukung sekali untuk jenis kegiatan ini.

Dan konsep pengembangan wisata yang ditawarkan akan mengacu pada konsep ekowisata, yang mana bila dikelola secara profesional dapat menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek wisata unggulan, karena pada saat ini kegiatan Ekowisata semenjak dicanangkan oleh WTO dan UNEP (2002) sudah populer sekali di mata Internasional (Kab. Kutai, Kalimantan dan Ds Pemuteran Bali untuk wilayah Indonesia ) sementara itu Propinsi Lampung dengan kekayaan alamnya yang berlimpah, juga berpotensi sekali untuk mengembangkan jenis kegiatan wisata ini (Ekowisata).


Di tempat Pusat Kegaitan YAYASAN EKOWISATA CIKAL yang masih sangat alami ini anda dapat menikmati kegiatan-kegiatan wisata alam / wisata petualangan seperti :

  • - Menyaksikan atraksi wisata lumba-lumba.
  • - Mengintip penyu bertelur.
  • - Wisata agro.
  • - Panjat tebing (rock climbing).
  • - Trekking ke air terjun Mulian dengan rute melalui sungai-sungai kecil, lembah, ngarai, sawah dan dusun-dusun kecil yang menarik.
  • - Tendem Cross sambil menikmati keindahan alam pegunungan dengan menggunakan motor-motor cross bersama crosser-crosser yang berpengalaman.
  • - Memancing / belajar memancing ikan tuna dengan dipandu nelayan-nelayan setempat dan dibantu oleh sekelompok ikan lumba-lumba.
  • - Diving dan Snorkling, untuk menikmati pemandangan bawah laut yang masih alami, terumbu-terumbu karang dan berbagai macam ikan hias yang indah, juga terdapat 3 spot wreck ship.
  • - Dayung, belajar menggunakan dan mengemudikan perahu-perahu tradisional.
  • - Surfing / selancar.
  • - Win Surfing / selancar angin.
  • - Berlayar, dengan menggunakan perahu layar tradisional.

Sementara ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan wisata seperti Diving, Senorkling, Surfing dan Win Surfing, para peserta diharap membawa sendiri perlengkapan-perlengkapannya.

Demikianlah Program-program yang kami sampaikan untuk bahan pertimbangan para Donatur dan bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam menjalankan kegiatan-kegiatan kami. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Trip Advisor

CIKAL Address

YAYASAN EKOWISATA CIKAL
CIKAL ECOTOURISM FOUNDATION

PERUM ADI PURI LESTARI Blok B no.2
JL. H. SAID . KOTABARU
BANDAR LAMPUNG 35121
INDONESIA
Telp. +62 721 258700
Mobile. +62 8127268883
Contact Us